Cerdaskah Anda…!!!

Saat di bangku sekolah seorang dikatakan dengan cerdas bila mendapat ranking terkecil pada masa menempuh pendidikannya sejak SD, SMP/MTS, SMA/MA.

Semasa kuliah pun dinilai cerdas dengan nilai indeks prestasi kumulatif dengan sebutan cumlaude ataupun summa cumlaude, dan banyak nya gelar di depan/belakang nama sampai mendapatkan gelar Profesor.

Namun kecerdasan itu semua akan sirna dan hilang seiiring dilupakannya puji pujian dari manusia disekelilingnya, setelah nafas dan ruh ini lepas dari jasadnya.

Sehingga hakekatnya yang dikatakan orang yang paling cerdas adalah orang mukmin yang benar-benar mengetahui tujuan hidup nya di dunia ini dan mempersiapkan kematiannya.

Hal ini telah ditegaskan dan dijelaskan sebagaimana hadist Nabi Muhammad Shallahu ‘alaihi wassalam yang diriwayatkan oleh Ibnu Umar radhiyallaahu ‘anhuma berkata, “Suatu hari aku duduk bersama Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam, tiba-tiba datang seorang lelaki dari kalangan Anshar, kemudian ia mengucapkan salam kepada Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam dan bertanya, ‘Wahai Rasulullah, siapakah orang mukmin yang paling utama?’ Rasulullah menjawab, ‘Yang paling baik akhlaqnya’. Kemudian ia bertanya lagi, ‘Siapakah orang mukmin yang paling cerdas?’. Beliau menjawab, ‘Yang paling banyak mengingat mati, kemudian yang paling baik dalam mempersiapkan kematian tersebut, itulah orang yang paling cerdas.’ (HR. Ibnu Majah, Thabrani, dan Al Haitsamiy. Syaikh Al Albaniy dalam Shahih Ibnu Majah 2/419 berkata : hadits hasan).

Oleh karenanya, sebelum terlambat mari bersama mereschedule tujuan hidup ini. Jangan sampai terlena akan gemerlap puja puji manusia dan kesibukkan dunia ini. Karena batas waktu kehidupan di dunia ini tidak ada satupun manusia yang tahu kapan berakhirnya dan tidak dapat dimundurkan ataupun dimajukan.

===================================

Terinspirasi dari coretan pada pintu lemari @darurribath8

===================================

About the Author

Hendrian Chaniago

Hendrian Chaniago, orang minang asli, tinggal di Makassar, sebagai dokter anggota Polri, atau anggota Polri yang merangkap sebagai dokter, dan juga dokter spesialis ortopedi & traumatologi konsultan pinggul dan lutut (Hip and Knee) Alamat Praktek : RS. BHAYANGKARA MAKASSAR (07.00 S/D 15.00 WITA). RS. HERMINA MAKASSAR (16.00 S/D 18.00 WITA).RSUD. HAJI MAKASSAR (15.00 S/D 16.00 WITA).Silahkan berkonsultasi dengan mengisi kolom komentar yang disediakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *