Apa Itu Orthopedi?

Sebagian besar masyarakat bila ditanya apakah mengetahui tentang orthopedi ataupun dokter orthopedi, pasti menjawab dengan salah satu dibawah ini yakni adalah

  • Alat peninggi badan, atau
  • Kasur dan matras tempat tidur, atau
  • Korset
  • Dll
Contoh istilah ortopedi yang dikenal di masyarakat sebagai suatu alat peninggi badan

Hal ini sangat wajar dan amat dimaklumi karena apa yang dilihat dan di dengar di media baik cetak dan elektronik, informasi yang disuguhkan memang begitu adanya.

Selain itu juga kurangnya edukasi dan informasi yang diberikan dokter orthopedi sendiri untuk menambah khazanah pengertian dan pemahaman yang benar tentang orthopedi dan traumatology.

Dokter orthopedi dan traumatology atau yg lebih terkenal disebut dengan dokter ortopedi dalam praktek kesehariannya sering ditemukan pada papan prakteknya sebagai “Ahli Bedah Tulang dan Penyakit Sendi” atau juga ada yang menyebutkan dirinya sebagai “Ahli Bedah Tulang dan Penyakit Muskuloskletal”.

Papan praktek Dokter Orthopedi yang terkenal di Provinsi Kendari dan sekitarnya

Ini tergantung dari minat masing-masing dokter ortoped tersebut dalam memperkenalkan dirinya kepada pasien atau masyarakat disekitarnys.

Secara jelas penyebutan tersebut sudah tercantum dalam surat kompetensi yaitu sebagai dokter Spesialis Orthopedi dan Traumatologi yang di singkat dibelakang namanya dengan “Sp.OT”.

Ruang lingkup pelayanan kesehatan yang diberikan seorang dokter orthopedi ini bukan hanya sebatas patah tulang saja dan amat sangat naif bila membadingkan dengan peran dukun patah tulang atau bengkel tulang.

Ruang lingkup pelayanan kesehatan dokter orthopedi ini mencakup seluruh penyakit pada sistem muskuloskletal (yaitu anggota geraknya yang melingkupi otot,pembuluh darah, saraf dan tulang itu sendiri termasuk tulang belakang).

Penyakit muskuloskletal tersebut dapat dikategorikan dengan jenis penyakit atau yang mirip dengan penyakit dibawah ini (biasa di singkat dengan akronim “C-I-N-T-A”) yakni :

  1. “C ; CONGENITAL” adalah penyakit ataupun kelainan yang didapati bawaan saat dilahirkan seperti CTEV (Congenital Talipes Equinuo Varus ~ kaki bengkok), akromegali (jari dan tulang memanjang), Gigantinisme (badan raksasa), dwafrisme (badan cebol), bifid, contriction band (teramputasi jari atau lengan sejak lahir) , dll.
    Penyakit bawaan lahir yaitu kaki bengkok yang terkenal dengan CTEV (Congenital Talipes Equinus Varus)

    “Jari kaki dempet” merupakan kelainan bawaan lahir yang dikenal dengan BIFID TOES
  2. “I ; INFECTION / IMFLAMATION” adalah penyakit akibat luka yang terinfeksi karena kuman gram positif ataupun gram negatif seperti osteomyelitis.

    Luka yang tidak mendapatkan perawatan yang baik menyebabkan infeksi pada tulang yang dikenal dengan “OSTEOMYELITIS”
  3. “N ; NEOPLASMA” adalah penyakit tumor/ kegananasan pada muskuloskletal sistem seperti Osteosarcoma, Multiple Myeloma, Fibroma, GCT, DLL.

    Jenis tumor tulang yang sering dikenal dengan “Giant Cell Tumor” pada kaki
  4. “T ; TRAUMA” adalah penyakit akibat trauma seperti fracture, dislocation atau amputation dan trauma syaraf (Brachial Plexus Injury, Spinal Cord Injury, Lumbosacral Nerve Injury).

    Trauma teramputasi pada jari kelingking yang sering terjadi karena terjepit pagar dan gear sepeda motor
  5. “A ; ATHRITIS” adalah penyakit yang menyerang sendi-sendi pada tubuhi seperti Osteoarthritis, Gouty Arthritis, Reumatoid Arthritis, dll.

    Kasus radang sendi yang sering ditemui A. Gouty Arthritis (Radang sendi karena penumpukan as urat), B. Gambaran radiology pada lutut yang terkena Osteoathritis

Dengan memahami dan mengetahui ruang lingkup pelayanan dokter orthopaedi dan traumaologi yang begitu luas ini, dapat disimpulkan bahwa dokter orthopedi bukan hanya membahas masalah tulang yang patah atau sendi yang keseleo saja namun seluruh penyakit yang meliputi sistem muskuloskeletal baik yang trauma ataupun yang bukan trauma.

1+

About the Author

Hendrian Chaniago

Hendrian Chaniago, orang minang asli, tinggal di Makassar, sebagai dokter anggota Polri, atau anggota Polri yang merangkap sebagai dokter, dan juga dokter spesialis ortopedi & traumatologi

2 thoughts on “Apa Itu Orthopedi?

    • Author gravatar

      Assalamualaikum dokter .
      Saya mau tanya. Hari ini anak saya oprasi Pasan pen di lengan kiri atas sikut karna terjatuh n patah .
      Yg saya mau tanyakan pantang makan apa n makanan apa yg bisa membuat cepat sembuh .umur anak 14 THN .
      Terimakasih

      0
      • Author gravatar

        وعليكم السلام ورحمة الله وبركاته
        Untuk pantangan setelah operasi ortopedi secara umum tidak ada namun perlu diperhatikan faktor alergi si anak sebelum operasi karena faktor alergi ini yang biasanya menimbulkan keluhan pasca operasi.
        Untuk makanan tinggi protein dapat merangsang aktifnya faktor alergen dalam tubuh padahal kadar tinggi protein ini sangat dibutuhkan saat fase pemulihan paska operasi ortopedi.
        Semoga bermanfaat dan maaf bila late respon

        0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *