Kasus Penyakit Sendi

GAMBARAN UMUM

Seiiring dengan penambahan usia, manusia tidak dapat mendustai kenyataan yang ada bahwa kekuatan tubuhnya akan semakin berkurang.

Konsekuensi logis yang segera dapat ditemui adalah berkurangnya daya tahan tubuh terutama kekuatan sendi dalam beraktifitas keseharian.

Mulailah dirasakan akan cepat mudah sekali capek dan letih, sendi-sendi terasa tidak kuat untuk digerakkan dan terkadang sering terasa nyeri baik saat beraktifitas ataupun saat beristirahat.

Sering sekali di masyarakat dikenal dengan penyakit “sendi keropos”, “asam urat” dan “reumatik”.

JENIS PENYAKIT SENDI

Dalam ilmu ortopedi secara umum dikenal bahwa penyakit yang muncul berhubungan dengan penambahan usia disebut dengan penyakit-penyakit degeneratif.

Penyakit degeneratif ini meningkat pada negara dengan ekonomi maju, dimana faktor kesehatan yang mendasar telah dipenuhi dengan umur hidup rata-rata penduduknya pun bertambah panjang.

Secara umum beberapa penyakit degenerativ ditemukan pada masyarakat namun yang tersering  menempati urutan terbanyak pada klinik rawat jalan ortopedi yakni; Osteoarthritis (OA), sedang penyakit yang lain selain penyakit degenerativ seperti Reumatik Arthritis (RA) dan Gout Arthritis (Gout) dapat ditemukan juga. Namun di masyarakat ke tiga jenis sakit sendi ini dianggap sama, demikian sekilas mengenai perbedaan tersebut

Gambar ilustrasi keluhan nyeri yang timbul di daerah lutut

PERBEDAAN UMUM

Gambar ilustrasi foto radiology lutut yang mengalami OA

Tabel Penjelasan Penyakit OA

Tabel Penjelasan Penyakit RA

Gambar ilustrasi pasien dengan gejala RA

Tabel Penjelasan Penyakit Gout

Gambar ilustrasi pasien dengan gejala Gout

KESIMPULAN

Dari penjelasan diatas dapat disimpulkan bahwa tidak semua penyakit sendi atau keluhan pada sendi di sebut dengan penyakit Reumatik, Asam urat atau Pengeroposan tulang.

Gambar ilustrasi pasien dengan gejala Gout Arthritis yang biasa dikenal penyakit asam urat

Kita dapat membedakan masing-masing keluhan tersebut dengan mengetahui keluhan serta gejala yang di dapati.

Sehingga tidak mengakibatkan salah dalam penanganan dan dapat menambah buruk penyakit itu sendiri.

PENUTUP

Hal paling bijaksana atas keluhan yang anda rasakan adalah segera sampaikan keluhan anda kepada dokter terdekat terutama dokter Orthopedi pada pelayanan kesehatan lanjutan anda, dan jangan pernah menyerahkan nasib kesehatan tubuh anda kepada orang yang tidak ada ahli dan tidak berkompetensi dalam bidang kesehatan.

Ingat…Tetap Kesehatan itu mahal walaupun Anda tercover dengan berbagai asuransi kesehatan yang anda miliki.

0

About the Author

Hendrian Chaniago

Hendrian Chaniago, orang minang asli, tinggal di Makassar, sebagai dokter anggota Polri, atau anggota Polri yang merangkap sebagai dokter, dan juga dokter spesialis ortopedi & traumatologi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *