Seputaran Keropos Tulang

Berikut ini pertanyaan mengenai keropos tulang.

Dimana Pertanyaan ini sering di tanyakan oleh pasien kepada dokternya.

APAKAH KEROPOS TULANG ITU ?

Berbicara masalah keropos tulang harus di mengerti dulu apa itu Keropos tulang dan penyebabnya. Keropos tulang dalam pengertian simpel/awam yaitu berkurangnya massa tulang yang menyebabkan tulang mengalami gampang patah tulang dimulai dari tingkat yg minimal sampai maksimal.

contoh gambaran keropos tulang

APA SAJA PENYEBABNYA ?

Penyebabnya oleh karena produksi tulang muda melalui pembentukan Calcium tidak di produksi lagi oleh tubuh namun Calcium ini tetap dibutuhkan tubuh untuk metabolisme sehingga menyebabkan kebutuhan Calcium di ambil dari tulang yang ada.

Sehingga sering kita melihat wanita paruh baya lebih bungkuk pada saat tua dibandingkan waktu mudanya.

wanita tua sering terlihat keropos bila terkena keropos tulang

APAKAH KEROPOS TULANG SUATU PENYAKIT ?

Berdasarkan ini berarti keropos tulang ini bukan suatu penyakit tetapi suatu mekanisme tubuh yg normal karena proses penuaan alias degeneratif. Hal ini di kedokteran di kenal sebagai osteoporosis

progres kasus osteoporosis

MANA YANG LEBIH BANYAK TERKENA WANITA DIBANDINGKAN LAKI-LAKI ?

Insidennya lebih banyak wanita>laki (4:1) biasa umur 40 tahun. Kenapa wanita lebih banyak dibanding pria disebabkan oleh karena faktor hormonal lebih banyak pada wanita, makin berat pada saat periode menopause

wanita sering terkena keropos tulang

KAPAN INDIKASI OPERASI SUATU KASUS KROPOS TULANG ?

Kasus keropos tulang di operasi bilamana keropos tulang tersebut menimbulkan patah yg hebat dengan rasa sakit yg sangat dan mengalami fraktur.

BAGAIMANA MENGHINDARI KEROPOS TULANG ?

Secara umum untuk menghindari terjadinya keropos tulang belum bisa dilakukan karena ini suatu proses alami yang setiap manusia hidup akan mengalaminya, namun dengan berolah raga yang teratur tubuh kita dapat mencegah terjadi nya.

APAKAH YANG DIHARAPKAN DARI BEROLAH RAGA TERHADAP KASUS TERJADINYA KEROPOS TULANG ?

Yang diharapkan adalah tubuh kita bisa memaksimalkan komposisi otot yang melekat pada tulang sehingga kekuatan otot dapat menjadi dukungan untuk terhindarnya tulang mendapat beban atau daya langsung dari luar sehingga hantaran kekuatan dari luar diserap dulu oleh otot-otot kita tadi.

berolah raga dapat memperkuat masa otot sehingga hantaran daya yang diterima tulang berkurang setelah diserap oleh otot yang kuat

JENIS OLAH RAGA APA YANG DIREKOMENDASIKAN ?

Jenis olah raga yang bersifat low impact sangat di rekomendasikan seperti jalan, lari ringa, bersepeda dan berenang.

SUSU APAKAH YANG DIREKOMENDASIKAN UNTUK DIMINUM ?

Semua jenis susu memang sangat dibutuhkan tubuh untuk membantu metabolisme tubuh namun untuk mencegah terjadinya keropos tulang harus diketahui juga proses terjadinya keropos tulang seperti yang telah dibahas diatas. Logikanya pada saat pabrik pembentuk Calsium tulang sudah tidak memproduksi lagi berarti dibutuhkan asupan Calsium dari luar tubuh. Namun daya serap Calsium di dalam tubuh lebih tinggi yang berasal dari dalam tubuh sendiri dibandingkan oleh asupan Calsium yang berasal dari luar tubuh.

kebutuhan susu sangat dibutuh tubuh sebagai asupan Calsium dari Luar tubuh

KENAPA ORANG DENGAN KEROPOS TULANG SERING MERASAKAN NYERI YANG HEBAT ?

Keluhan nyeri ini berasal dari proses mikrofraktur (patah tulang yang mikro) dari tulang tulang tubuh yang biasanya terjadi pada daerah tulang belakang dan pinggul serta sering dikeluhkan hampir setiap hari terutama pada malam hari.

gambaran mikrofractur pada tulang belakang

Semoga bermanfaat dan bila ada komentar atas tulisan ini mohon menulis di kolom yang disediakan

0

About the Author

Hendrian Chaniago

Hendrian Chaniago, orang minang asli, tinggal di Makassar, sebagai dokter anggota Polri, atau anggota Polri yang merangkap sebagai dokter, dan juga dokter spesialis ortopedi & traumatologi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *