Operasi “Ganti Sendi” atau “Melapisi Sendi”

Tidak sedikit pasien yang datang ke RS takut begitu mendengar kata “Operasi”. Padahal kebanyakan pasien tersebut sebelum datang ke RS untuk mendapatkan pelayanan kesehatan dari dokter atas keluhan penyakit yang dideritanya sudah berbulan-bulan atau bahkan tahunan mendatangi alternatif pengobatan yang berkembang di masyarakat karena alasan takut untuk di operasi itu.

Tidak selalu berobat ke dokter bedah harus menjalani tindakan operasi

Malah ada pelayanan alternatif pengobatan tersebut yang mengancam tidak akan memberikan layanannya bila sudah berobat ke dokter atau sudah di operasi.

Dilain sisi pelayanan alternatif tersebut, tidak jarang pasien harus rutin mengeluarkan uang untuk mendapatkan pelayanannya atas alasan sedekah sukarela/infak dengan ditandai adanya tabung/celengan sedekah pada pintu masuk/keluar layanan pengobatan alternatif itu, dan kesembuhan yang didapatpun bisa jadi tulang bersambung tapi mengalami perubahan bentuk anatomi alias bengkok.

Gambar (a). Menunjukkan tungkai yang bengkok setelah patah tulang mendapati tindakan pengusutan. Gambar (b). Foto rontgen dari tulang yang bangkok tersebut dengan gambaran tulang yang menyambung tidak di posisi anatomisnya alias malunion. Gambar (c). Foto rontgen setelah koreksi malunion dengan menggunakan IM Nailing Method. Gambar (d). Foto rontgen setelah koreksi malunion dengan menggunakan Plate&Screws method.

Padahal pasien bila mau saja sedikit berusaha untuk mengurus kartu BPJS Kesehatan yang telah disiapkan pamerintah, bisa dipastikan mendapat pelayanan kesehatan secara gratis, tapi memang harus mengikuti aturan yang diterapkan BPJS Kesehatan itu.

Alur Pengurusan BPJS Kesehatan

Kembali kepembahasan diatas. Pada dasarnya tidak semua penyakit yang datang ke dokter dan dokter pasti menyarankan untuk dilakukan operasi.

Kebanyakan saran dokter untuk dilakukannya tindakan operasi tersebut adalah karena pasien sudah terlalu lama membiarkan penyakitnya atau sudah kronis di obati dengan pengobatan yang tidak ada landasan ilmiahnya.

Berbicara mengenai kerusakan sendi mesti diketahui dulu apa faktor penyebabnya.

Secara umum faktor penyebabnya bisa

  1. Trauma
  2. Non Trauma yang terdiri dari
    1. Infeksi
    2. Bawaan lahir / congenital
    3. Tumor / neoplasma
    4. Penyakit Immunodefisiensi / Immunodeficiency diseases

Sekilas Mengenai Anatomi

Anatomi umum dari lutut
  • Tulang lutut terdiri dari
    • Tulang paha / Femur
    • Tulang betis / Tibia & Fibula
    • Tukang tempurung
  • Bantalan lutut sebagai peredam gesekan tulang yang disebut Meniscus terdiri dari
    • Posisi sebelah dalam disebut Medial Meniscus
      • Bentuk seperti huruf “C”
      • Dominan berat tubuh di hantarkan pada Meniscus ini
    • Posisi sebelah luar disebut Lateral Meniscus
      • Bentuk seperti huruf “U”
      • Menopang berat badan
      • Proses Screw home mechanism terbentuk disini
  • Tulang rawan / Cartilage pada femur dan tibia
  • Ligament disekitar lutut untuk menjaga kestabilan gerakan lutut
    • LCL / Lateral Collateral Ligament
    • MCL / Medial Collateral Ligament
    • ACL / Anterior Cruciate Ligament
    • PCL / Posterior Cruciate Ligament
  • Tendon disekitar lutut depan
    • Quadriceps tendon
    • Patella Tendon
  • Otot disekitar lutut
    • Hamstring group muscles
    • Quadriceps group muscles
Anatomi lutut dan Meniscus serta ligament

Apa yang terjadi pada sendi yang mengalami Osteoarthritis

Penyakit yang umum ditemukan pada sendi lutut adalah Osteoarthritis, yaitu penyakit degeneratif dengan tanda kerusakan sendi dan pembentukan osteofit, osteochondral destruksi serta subchondral cyst diikuti dengan Cartilage defek.

Sehingga sering terasa sakit saat berjalan sampai dengan menekuk lutut tersebut karena terjadinya osteochondral destruksi (kerusakan permukaan sendi).

Gambaran kerusakan sendi lutut yang mengalami OA

Kerusakan permukaan sendi inilah oleh dokter orthopedi ke ahlian lutut dan pinggul mengusulkan kepada pasien ini untuk melapisi permukaan sendi yang rusak dengan pelapis buatan, namun tergantung derajat kerusakan yang terjadi.

Bila hanya kerusakan yang terjadi ringan pengobatan yang dipilih adalah dengan mengubah kebiasaan hidup seperti mengurangi BB, merubah toilet jongkok menjadi duduk, sedapat mungkin mengurangi naik/turun tangga, mengganti pemakaian hight heel (sepatu dengan hak tinggi), berolahraga hight impact (Lari/lompat) menggunakan sepatu yang khusus dengan compount yang telah disesuaikan dengan olah raga tersebut, dll.

Operasi Total Knee Arthroplasty

Adalah operasi penggantian lapisan sendi yang rusak oleh karena penyakit yang telah dijelaskan diatas.

Memang secara definisi harfiah adalah (Total=seluruh/Keseluruhan) namun istilah ini bagi masyarakat awam mesti dijelaskan kembali. Sehingga pemahaman yang didapat tidak keliru.

Maksud total disini bukanlah sendi manusia itu seluruhnya (secara total) diganti melainkan penggantian yang dilakukan adalah mengganti lapisan tulang rawan (cartilage) yang rusak akibat penyakit ini.

Sehingga pergerakkan sendi yang tadinya terbatas oleh karena sakit bisa kembali bergerak sebagaimana seperti sediakala.

Apa komposisi pelapis sendi buatan

Secara ringkas komposisi sendi buatan ini dibuat dan dirancang khusus bisa diterima oleh tubuh manusia dan seminimal mungkin jauh oleh reaksi penolakan tubuh, oleh karena itu setiap operasi penggantian lapisan lutut ini perlu dengan teliti disiapkan pemeriksaan baik fisik maupun laboratorium lengkap.

Berapa lama sendi buatan ini bertahan

Pasti pertanyaan ini menjadi pertanyaan yang muncul pada pasien yang akan melakukan operasi penggantian lapisan sendi.

Secara keilmuan setiap benda yang digunakan dan dipasang di dalam tubuh manusia ada masa pemakaiannya.

Ini semua tergantung indikasi operasi tersebut dan aktifitas yang dilakukan paska operasi penggantian lapis lutut itu.

Secara ilmiah daya tahan Implant ini disebut dengan longevity serta ilmu yang mempelajari kekuatan Implant disebut tribology.

Sehingga dapat dipahami bahwa bagus dan mahalnya Implant tersebut bakal berbanding lurus dengan kualitas dan tahan lama nya dipakai didalam tubuh pasien.

Total Knee Replacement

Jadi dengan penjelasan diatas dapat diyakinkan bahwa istilah operasi ganti lutut dinilai kurang pas digunakan untuk operasi penggantian pelapisan sendi lutut.

Bila anda masih merasa ragu akan informasi diatas, sebaiknya dapat berkonsultasi dengan dokter orthopedi terdekat dan lebih khusus dokter orthopedi konsultan pinggul dan lutut.

==========================================

Catatan:

Ditulis dan disadur dari beberapa sumber untuk pemahaman umum

==========================================

0

About the Author

Avatar

Hendrian Chaniago

Hendrian Chaniago, orang minang asli, tinggal di Makassar, sebagai dokter anggota Polri, atau anggota Polri yang merangkap sebagai dokter, dan juga dokter spesialis ortopedi & traumatologi konsultan pinggul dan lutut (Hip and Knee) Alamat Praktek : RS. BHAYANGKARA MAKASSAR (07.00 S/D 15.00 WITA). RS. HERMINA MAKASSAR (16.00 S/D 18.00 WITA).RSUD. HAJI MAKASSAR (15.00 S/D 16.00 WITA).Silahkan berkonsultasi dengan mengisi kolom komentar yang disediakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *